Hal Hal Penting Tentang Turbin Gas


1. Turbin gas adalah sebuah mesin panas pembakaran dalam, proses kerjanya seperti motor yaitu udara atmosfer dihisap masuk kompresor dan dikompresi, kemudian udara mampat masuk ruang bakar dan dipakai untuk proses pembakaran, sehingga diperoleh suatu energi panas yang besar, energi panas tersebut diekspansikan pada turbin dan menghasilkan energi mekanik pada  poros, sisa gas pembakaran yang keluar turbin menjadi energi dorong (turbin gas pesawat terbang)

2. Persamaan turbin gas dengan motor bakar adalah pada proses pembakarannya yang terjadi di dalam mesin itu sendiri, disamping itu proses kerjanya adalah sama yaitu hisap, kompresi, pembakaran, ekspansi dan buang.  

3. Turbin gas banyak digunakan untuk mesin propulsi atau jet, mesin otomotif, tenaga pembangkit listrik atau penggerak peralatan-peralatan industri seperti penggerak kompresor atau pompa. Daya yang dihasilkan turbin gas mulai dari 250000 HP untuk pembangkit listrik sampai 5 HP pada turbocharger pada mesin motor 

4. Persyaratan bahan-bakar untuk turbn gas :
a. Nilai kalor persatuan berat dari bahan bakar harus tinggi,  dengan alasan, dengan jumlah bahan bakar yang sedkit dan ringan dengan nilai kalor yang tinggi adalah akan  sangat menguntungkan, karena mengurangi berat pesawat terbang secara keseluruhan

b. Kemampuan menguap (volatility) dari bahan bakar tidak terlalu tinggi, oleh karena pada harga volatility yang tinggi bahan bakar akan mudah sekali menguap, terutama pada ketinggian tertentu, hal ini akan membahayakan, karena bahan bakar menjadi mudah terbakar Disamping itu,  saluran bahan bakar mudah tersumbat karena uap bahan bakar. 

5. Bahan bakar pesawat yang biasa digunakan adalah dari jenis gasolin dan kerosen atau campuran keduanya, tentunya sudah dimurnikan dari unsur-unsur yang merugikan. Sebagai contoh, standar yang dikeluarkan American Society for Tinting Material Spesification (ASTM) seri D-1655, yaitu Jet A, Jet A1, Jet B. Notasi A, A, dan B membedakan titik bekunya.